Hari/Tanggal : Selasa, 1 Juli 2023
Kelas : 4A
Mapel : Matematika & Seni Budaya
Capaian Penbelajaran Matematika :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.1 Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah
Fokus Materi : Mengenal bilangan cacah sampai 100.000
Capaian Penbelajaran Seni Budaya :
peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
Tujuan Pembelajaran (TP) Seni Budaya:
1. 1 Mengidentifikasi dan memperagakan gerak tari
1. 1 Mengidentifikasi dan memperagakan gerak tari
Fokus materi : Memperagakan tari merak
Materi Matematika
Apersepsi
Masih ingatkah alian dengan materi yang kita pelajari pada minggu kemarin??
iyaaa, kita sudah pelajari tentang membandingkan dan mengurutkan bilangan.
sekarang kita lanjutakan lagi yaa
8.750 . . . . . . . . . 7.500
Bandingkan angka pada tempat ribuan.
Angka pada tempat ribuan untuk 8.750 adalah 8.
Angka pada tempat ribuan untuk 7.500 adalah 7
Karena 8 lebih dari 7. Jadi, 8.750 lebih dari 7.500.
Dapat ditulis 8.750 > 7.500. Keterangan: untuk tanda “>” dibaca lebih dari.
Jika diperhatikan angka-angka pada nilai tempat ribuan dan ratusan, masingmasing
adalah sama, maka kita bandingkan angka pada nilaitempat puluhan.
Misal.
4.352 . . . . . . . . . . . 4.365
Angka pada tempat puluhan untuk 4.352 adalah 5.
Angka pada tempat puluhan untuk 4.365 adalah 6.
Karena 5 kurang dari 6. Jadi, 4.352 kurang dari 4.365.
Dapat ditulis 4.352 < 4.365. Keterangan: untuk tanda “<” dibaca kurang dari.
Angka pada nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan dan satuan adalah sama.
Jadi, 4.352 sama dengan 4.352.
Dapat ditulis 4.352 = 4.352.
Kalian sudah membandingkan dua bilangan menggunakan notasi “lebih dari
(>)”, “kurang dari (<)”, dan “sama dengan (=)”.
Tugas
Salin dan jawablah soal berikut pada buku tulis kalian.
Bandingkan bilangan berikut dengan “>”, “<”, atau “=”dan temukan yang lebih besar!
a. 5.734 dan 4.312
b. 5.614 dan 5.368
c. 7.124 dan 7.197
Materi Seni Budaya
Nama Tari Cendrawasih berasal dari mitologi Hindu Bali yang menganggap burung Cendrawasih sebagai burung para dewa atau Manuk Dewata. Tari Cendrawasih diciptakan oleh I Gede Manik, seniman asal Bali. Tarian ini pertama ditarikan pada sekitar tahun 1920-an. Sejak saat itu, Tari Cendrawasih terus mengalami perkembangan koreografi. Saat ini, koreografi Tari Cendrawasih yang kerap dipentaskan adalah karya Ni Luh Nyoman Swasthi Wijaya Bandem.
Berikut ini adalah fungsi, gerakan, jumlah penari, musik pengiring, busana, dan properti Tari Cendrawasih. Fungsi Tari Cendrawasih Tari Cendrwasih memiliki dua fungsi, yaitu sebagai sarana ritual dan sarana hiburan. Sebagai bagian ritual, Tari Cendrawasih dianggap suci dan sakral. Sehingga sejak awal, tarian ini sebagai salah satu simbol upacara atau kegiatan ritual lainnya. Sesuai perkembangan zaman, Tari Cendrawasih menjadi sarana hiburan. Masyarakat yang ingin melihat tarian ini tidak perlu menunggu kegiatan adat terlebih dahulu. Gerakan Tari Cendrawasih Sesuai namanya, gerakan Tari Cendrawasi berupa gerakan yang terinspirasi dari kehidupan burung Cendrawasih. Ada tiga bagian dalam gerakan Tari Cendrawasih, yaitu bagian awal (pepeson), bagian utama (pengawak), dan bagian akhir (pengipuk).
Refleksi & evaluasi
Baik anak soleh solehah setelah td kita sudah belajar materi matematika tentang membandingkan dan mengurutkan banyak benda dan seni budaya tentang Tari Cendrawasih, semoga anak sholeh sholehah mampu untuk mangingat dan memahami materi yang di jelaskan.
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semua bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar