Hari/Tanggal : Rabu, 2 Agustus 2023
Kelas : 4A
Mapel : Matematika & IPAS
Capaian Penbelajaran Matematika :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.1 Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah
Fokus Materi : Menjumlahkan bilangan cacah
Capaian Penbelajaran IPAS :
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran (TP) Seni Budaya:
1. 1 Peserta didikdaoat menganalisis hubungan antara bentuk serta furngsi bagian tubuh pada tumbuhan
1. 1 Peserta didikdaoat menganalisis hubungan antara bentuk serta furngsi bagian tubuh pada tumbuhan
Fokus materi : Poses Penyerbukan
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar
Materi Matematika
Apresepsi
Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin??
kemarin kita sudah belajar tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan.
Baik, jika sudah meningat kita akan melanjutkan pembelajaran hari ini.
Hari ini kita akan tentang menjumlahkan bilangan cacah.
Perhatikan contoh di bawah ini!!
Pak Toni mempunyai pohon jeruk sebanyak 1.231 pohon di Kota Jember dan 321 pohon di Kota Banyuwangi. Berapakah banyak pohon jeruk Pak Toni seluruhnya?
Untuk menghitung banyak pohon jeruk Pak Toni seluruhnya, dapat dilakukan dengan penjumlahan
cara susun panjang dan cara susun pendek
1231 = 1000 + 200 + 30 + 1
321 = 300 + 20 + 1
= 1000 + (200 + 300)+ (30 + 20) + (1 + 1)
= 500 + 50 + 2
= 1552
Bagaimana kalau menggunakan cara susun pendek?
Cara Susun Pendek (tanpa menyimpan)
1. Tulis bilangan secara bersusun sesuai nilai tempatnya. (satuan disusun dengan satuan, puluhan disusun dengan puluhan, dan ratusan disusun dengan ratusan).
2. Operasi penjumlahan dilakukan dari nilai tempat yang terkecil ke nilai tempat yang besar (dari kanan ke kiri)
3. Jumlahkan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempatnya.
Kerjakan soal berikut pada buku tulis kalian.
1. Gunakan cara susun panjang untuk penjumlahan berikut!
a. 1333 = 300 + 30 + 3
812 = 800 + 10 + 2
b. 2576 = …… + …… + …… + ……
148 = …… + …… + …… +
Materi IPAS
Pada pertemuan minggu lalu, kita sudah mempelajari tentang materi proses fotosintetis pada tumbuhan. semoga anak anak masih mengingatnya yaa..
Fotosintesis adalah proses penghasilan makanan oleh tumbuhan melalui cahaya matahari.
Nah hari ini kita akan melanjutkan dengan membahas materi, Bunga sempurna dan tidak sempurna.
Benang sari adalah alat perkembangbiakan tumbuhan, biasanya berada di tengah mahkota bunga. Fungsi Benang sari yang utama yaitu sebagai alat perkembangbiakan (kelamin jantan) dari tumbuhan. Benang sari dibedakan menjadi tiga bagian yaitu tangkai sari, kepala sari, dan penghubung ruang Sari.
Berikut adalah contoh-contoh bunga sempurna:
1. Bunga mawar
2. Bunga anggrek
3. Bunga sepatu
4. Bunga alamanda
5. Bunga tulip
6. Bunga asoka
7. Bunga kertas atau bugenvil.
Bunga tidak sempurna adalah jenis bunga yang hanya memiliki satu organ reproduksi. Bunga tidak sempurna hanya memiliki putik atau benang sari, tidak seperti bunga sempurna yang memiliki keduanya. Bunga tidak sempurna yang hanya memiliki putik, dapat berkembang menjadi buah dan biji dengan bantuan penyerbukan.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks.
a. Mengapa serangga senang hinggap di bunga?
b. Apa itu proses penyerbukan?
c. Bagaimana cara serangga membantu proses penyerbukan?
d. Apa yang terjadi pada bunga setelah proses penyerbukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar