Senin, 31 Juli 2023

Materi Ajar, Senin 31 Juli 2023

 


Hari/Tanggal : Senin, 31 Juli 2023

Kelas : 4A

Mapel : Bahasa Indonesia & Pendidikan Pancasila

👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
1.1  Mampu memahami ide pokok (gagasan), informasi dari media audio dan teks aural yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi
       Fokus Materi : Proyek Kamus KBBI

👉Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila :
Peserta didik mampu memahami dan menyebutkan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:
1. Mengidentifikasi nilai-nilai pada Pancasila  dalam kehidupan sehari-hari.
      Fokus materi : Nilai Nilai kepahlawanan

Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Bahasa Indonesia
Apersepsi

Haii,, Good Morning Student.. How are you today?
Masih ingatkan dengan materi Bahasa Indonesia yang telah kita pelajari pada pertemua terakhir kemarin
tentang Fobia??
Apa itu Fobia? iyaa betul sekali.  Fobia merupakan sesuatu kejadian yang membuat kita merasa atau takut gelisah yang berlebihan. 

Pada pertemuan kemarin kita sudah belajar tentang kata-kata yang sulit dipahami atau sulit dimengerti makna dari kata tersebut, seperti kemarin kita menemukan kata fobia psikolog kemudian terapi dan lain sebagainya. 

Nah di manakah kita dapat menemukan makna dari kata tersebut, iya kita dapat menemukan makna atau arti dari kata-kata tersebut melalui KBBI atau KBBI online. Melalui KBBI atau KBBI online tersebut kita dapat mengetahui arti atau makna dari kata-kata yang sulit untuk dimengerti.

Untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita dan akan membuat proyek kamus bahasa Indonesia. Anak-anak akan dibuat menjadi 4 kelompok kemudian masing-masing kelompok tersebut menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan diantaranya :
1. Kardus bekas
2. Karton
3. Lem atau selotip
4. Pensil / pena /spidol
5. Penggaris
6. Gunting

TUGAS!
Masing-masing kelompok akan menuliskan kata-kata yang baru yang belum kalian ketahui di dalam proyek kamus tersebut, di bagian awal kalian bisa menuliskan nama dari masing-masing kelompok dengan sekreatif mungkin bisa menambahkan gambar atau yang lainnya. Kalian tidak harus menuliskannya persis sama seperti di dalam kamus kalian juga dapat menuliskan arti kata dengan menggunakan kata-kata kalian sendiri.
Kalian bisa menuliskan kata-kata dengan tulisan yang indah sebelum memeriksanya ke dalam kamus coba tebak kata tersebut termasuk dalam kelompok kata apa (kata benda kata sifat kata keterangan kata ganti atau kata bilangan).Kalian bebas menuliskan arti kata dengan kalimat sendiri sesuai pemahaman kalian.

Materi Pendidikan Pancasila
Di pembelajaran pendidikan Pancasila pertemuan terakhir kemarin kita sudah belajar tentang hal-hal yang bisa diteladani dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari anggota BPUPKI dan PPKI. Nah sekarang kita melanjutkan pembelajarannya ya, hari ini kita akan belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dalam perumusan Pancasila.

A. Pancasila sebagai hasil musyawarah untuk mufakat
Musyawarah dilakukan untuk membicarakan hal-hal yang belum disepakati atau memadukan beberapa pendapat yang berbeda sehingga mendapatkan kesepakatan bersama-sama, para pahlawan nasional memberikan contoh kepada kita semua dalam menyelesaikan permasalahan dengan musyawarah seperti pada rapat sidang BPUPKI PPKI dan lainnya.  Dasar negara Indonesia adalah Pancasila yang merupakan hasil kesepakatan dan keputusan bersama para tokoh bangsa Indonesia. 

B. Pancasila sebagai kesepakatan bersama
Para pendiri bangsa Indonesia melakukan kesepakatan bersama atas Pancasila sebagai dasar negara kesepakatan bersama ini diperoleh dengan rangkaian pembahasan dalam sidang BPUPKI.  Pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945 sidang BPUPKI membahas tentang dasar negara Indonesia. Dr radjiman sebagai ketua BPUPKI mengajukan pertanyaan kepada peserta rapat yang akan dibangun? Pertanyaan ini disambut dengan adanya beberapa usulan. Dari 11 orang yang merespon 3 diantaranya Ir. Soekarno, Moh Yamin dan prof Dr Soepomo mengajukan naskah rancangan dasar negara.

C. Nasionalisme yang tinggi
Pancasila merupakan hasil kesepakatan dalam musyawarah, tidak semua sependapat pada awal musyawarah namun setelah melakukan pertimbangan yang matang demi kepentingan bangsa dan negara akhirnya dicapailah sebuah keputusan mufakat. Semoga menerima dengan lapang dada setelah keputusan diambil dan melaksanakan keputusan dengan penuh tanggung jawab. 
Menerima keputusan dengan penuh tanggung jawab adalah sikap yang patut diteladani seperti yang dicontohkan pada pendiri negara yang telah bergabung dalam BPUPKI dan PPKI yang memberikan contoh baik dalam menerima keputusan bersama.  Semua anggota PPKI menerima keputusan yang diambil dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab demi persatuan dan kesatuan bangsa. Para pendiri bangsa selalu menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi sebagai bentuk nasionalisme atau cinta tanah air yang tinggi.

D. Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila

Nilai-nilai kebersamaan dalam perumusan Pancasila tercermin dalam beberapa hal sebagai berikut:
1. Inisiatif peserta dalam mengajukan rancangan dasar negara
2. Panitia sembilan menerima pancasila sebagai dasar negara mencantumkan 5 dasar negara dalam alinea keempat piagam Jakarta yang kemudian menjadi pembukaan undang-undang 1945 setelah mengalami perubahan sila pertama
3. Semangat kebersamaan dalam menerima perubahan piagam Jakarta oleh
4. UUD 1945 disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 dan PPKI yang didalamnya memuat lima dasar negara Indonesia


TUGAS!
Kerjakan di buku latihanmu!
1. Fungsi utama Pancasila adalah sebagai .... 
2. Rumusan Pancasila yang dipakai sampai saat ini tercantum dalam ... 
3. Sebutkan nilai-nilai juang para tokoh pendiri negara.......
4. Pancasila merupakan salah satu bentuk ... 
5. Sikap yang ditampilkan para tokoh pendiri negara pada saat merumuskan Pancasila di antaranya.....

Demikian materi yang dapat disampaikan hari ini, Semoga anak-anak dapat memahami dengan mudah dan dapat menerapkan nilai-nilai perumusan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sampai bertemu pada pelajaran selanjutnya
Terima kasih❤❤



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar, Senin 4 Desember 2023

  Hari / Tanggal              :  Senin, 4 Desember 2023 Kelas :                            : 4A Materi                         :  Sumatif Ak...