Hari/Tanggal : Selasa, 24 Oktober 2023
Kelas : 4A
Mapel : Matematika & Bahasa Indonesia
Capaian Penbelajaran Matematika :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.2 Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah
Fokus Materi : Pembagian dengan bilangan 1 angka
👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
2.1 Mampu memahami perbedaan paragraf deskriptif dan paragraf argumentasi
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
2.1 Mampu memahami perbedaan paragraf deskriptif dan paragraf argumentasi
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar
Materi Matematika
Apresepsi
Minggu lalunkita sudah melaksanakan STS (Sumatif Tengah Semester) dan Alhamdulillah sudah berlajalan dengan lancar. Minggu bini kita masih membahas tentang musyawarah dan akan membahas juga materi yang di anggap sulit pada saat kegiatan STS ya nak
Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka, Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....
Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).
1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)
(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).
② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).
(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang sama.
(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.
Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?
“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.
Tugas!
Setelah mengulas materi, kita akan bersama sama melaksanakan remedial dan pengayaan dari hasil STS Minggu lalu ya nak. Karena anak anak Sholeh solehah semua masih ada beberapa yang kesulitan dalam mengoperasikan pembagian dan perkalian susun ke bawah.🤗🤗
Materi Bahasa Indonesia
Alhamdulillah, kemarin kita sudah melaksanakan refleksi, pengayaan dan remedial dari hasil STS ya nak, semoga materi nya semakin mudah dipahami, nah. Kita akan lanjutkan pembelajaran selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar