Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segi empat, segitiga, segi banyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.3 Mengidentifikasi hubungan antargaris tegak lurus dan garis sejajar
Fokus Materi : Mengidentifikasi garis tegak lurus
👉👉Capaian Penbelajaran IPAS:
Peserta
didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari,
mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan
bentuk benda. Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS: 3.1 Mampu Peserta
didik mampu mengidentifikasi gaya yang terjadi pada benda.
Fokus Materi : Pengaruh gaya otot dan gaya gesek
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar
Materi Matematika
Apersepsi
Alhamdulilla,kemarin kita sudah melakukan refleksi, remedial dan pengayaan dari hasil STS. Pada hari ini kita akan melanjutkan materi kita ya nakk, di simak baik baik karena materi sudah mulai lebih sulit yakni tentang garis tegak lurus.
Jika dua garis lurus berpotongan pada sudut siku-siku, maka kedua garis lurus tersebut disebut tegak lurus. Sekalipun dua garis lurus tidak berpotongan, tapi disaat salah satu garis lurus dipanjangkan akan memotong garis lurus lainnya pada sudut siku-siku, maka itu dikatakan sebagai tegak lurus.
1. Ayo, eksplorasi segiempat pada E halaman 56
(Mencari tahu bagaimana garis lurus berpotongan menggunakan busur derajat. Mari kita gunakan busur derajat untuk mencari tahu pada sudut berapa kedua garis lurus itu berpotongan.)
① Pada sudut berapa garis ① dan ④ berpotongan?
Perpotongan garis lurus (1) dan (4) memiliki sudut 62° dan 118°.
② Pada sudut berapa garis ② dan ③ berpotongan? Ukurlah sudut f, g, g dan i.
Garis lurus (2) dan (3), keempatnya bersudut 90° dan berpotongan pada sudut siku-siku.
2. Gambar di samping menunjukkan sebuah simbol kantor pos di Peta Jepang.
Tegak lurus berarti hubungan posisi antara dua garis lurus, yaitu keadaan saat dua garis lurus berpotongan pada sudut siku-siku, dan bahwa sudut siku-siku adalah sudut itu sendiri yang terbentuk ketika dua garis lurus berpotongan.
① Pada sudut berapakah garis b dan c berpotongan?
Sudut 90°
② Jika garis c diperpanjang, sudut apa yang dibentuk garis a dan garis c ?
Garis tegak lurus (B dan C saling tegak lurus A dan C saling tegak lurus)
Suatu garis yang diperpanjang memotong secara tegak lurus garis yang lain, meskipun kita tidak mengetahui titik perpotongannya, maka kedua garis tersebut tetap saling tegak lurus.
3. Garis-garis manakah yang saling tegak lurus?
Garis pada gambar 1, 2, dan 4 saling tegak lurus (Gambar 4 meskipun tidak berpotongan, keduanya saling tegak lurus karena garis lurus didefinisikan sebagai "garis yang memanjang lurus sejauh apapun itu".)
4. Ayo, carilah garis-garis yang saling tegak lurus pada segiempat di halaman 60
(Menemukan bagian yang tegak lurus dalam segiempat yang sudah dibuat pada jam pertama)
5. Ayo, lipatlah kertas untuk membuat garis-garis tegak lurus.
Latihan
Garis-garis mana saja yang saling tegak lurus?
Garis a dan g, dan b dan e karena kedua garis lurus berpotongan pada sudut siku-siku, maka kedua garis lurus tersebut disebut tegak lurus.
Materi IPAS
Secara umum gaya otot dan gaya gesek sangat memengaruhi gerak benda.
Ini karena, gaya otot dan gaya gesek berinteraksi pada suatu benda.
Interaksi dengan gaya otot dan gaya gesek bisa membuat benda yang awalnya diam menjadi bergerak.
Misalnya seperti seseorang yang mendorong atau menarik suatu benda, maka orang tersebut menggunakan gaya otot.
Gaya otot digunakan untuk mendorong serta menarik suatu benda.
Lantas, apa yang dimaksud gaya otot dan gaya gesek? Yuk, kita cari tahu!
1. Pengertian Gaya Otot
Gaya otot merupakan jenis gaya yang dimiliki oleh makhluk hidup berotot seperti manusia atau hewan.
Umumnya gaya otot muncul karena adanya koordinasi struktur otot dan rangka tubuh, Gaya otot merupakan bagian dari kelompok gaya sentuh.
Kita simak sama sama video di bawah ini yaa.
Setelah menyimak video di atas, kita sudah sama sama memahami bahwa gaya ototdapat mempengaruhi suatu benda. hari inikita akan mempraktikkan bersama sama pengaruh tersebut.
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok yaitu PKN dan IPAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar