Rabu, 30 Agustus 2023

Materi Ajar Rabu, 30 Agustus 2023

 


Hari/Tanggal : Rabu, 30 Agustus 2023

Kelas : 4A

Mapel : Matematika & IPAS

Capaian Penbelajaran Matematika :

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.2  Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah

       Fokus Materi : Pembagian dengan bilangan 1 angka

Capaian Penbelajaran IPAS :

Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).

Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS:
Peserta didik dapat menjelaskan zat (materi) beserta karakteristiknya dan melakukan percobaan tentang pengertian zat (materi) beserta karakteristiknya.

      Fokus materi : Massa dan Volume

Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Matematika
Apresepsi

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka,  Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....

Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).

1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)

(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).

② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).

(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang  sama.

(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.

Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?
Pembagian
“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.



Materi IPAS
Untuk mengetahui apa itu massa, bisa dilakukan dengan percobaan pada timbangan. Pelajari cara berikut dan cobalah sendiri untuk membuktikannya.

Ketika di atas timbangan tidak diletakkan apa pun, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika di salah satu timbangan diletakkan benda seperti kerikil, maka timbangan akan miring ke salah satu bagian. 


Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan itu memiliki massa. Seperti pada gambar berikut: Timbangan akan miring ke arah benda yang lebih berat. Itu artinya benda yang ada di kanan lebih berat dibandingkan benda yang ada
di kiri. Ini menunjukkan bahwa massa batu lebih besar dibandingkan massa kerikil.

Massa adalah besaran dari suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa maka benda itu merupakan materi. Massa suatu benda bisa berbeda dengan massa benda lainnya. 

Mirip seperti massa, volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat. Bedanya adalah biasanya massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat padat, sedangkan volume biasanya digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti air, minuman, oli dan lain
sebagainya.

Tugas!
Carilah dua buah benda yang ada di sekitar kalian. Mintalah bantuan kepada guru untuk membandingkan benda mana yang massanya. lebih besar. Lalu, tuliskan hasil pengamatan pada buku tugas menggunakan format tabel yang akan di sampaikan oleh bu guru☺

Refleksi & evaluasi
Baik anak soleh solehah setelah td kita sudah belajar  materi Matematika tentang pembagian dan materi IPAS tentang wujud benda semoga anak sholeh sholehah mamu untuk  mangingat dan memahami materi yang di jelskan.

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semua bermanfaat. 

Kesimpulan
Alhamdulillah, untuk pembelajaran hari ini materi IPAS ananda sudah mampu memahami materi dengan baik, hanya saja ananda yg memerlukan bimbingan masih harus diberi pendampingan untuk memahami isi materi dan bacaannya.

Pada materi matematika, beberapa siswa masih kesulitan untuk mengerjakan soal pembagian susun panjang, siswa sudah hafal perkalian namun masih diberikan pendampingan untuk mengerjakan latihan soal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar, Senin 4 Desember 2023

  Hari / Tanggal              :  Senin, 4 Desember 2023 Kelas :                            : 4A Materi                         :  Sumatif Ak...