Kamis, 31 Agustus 2023

Materi ajar, Kamis 31 Agustus 2023




Hari/Tanggal : Kamis, 31 Agustus 2023

Kelas : 4A

Mapel : IPAS, Pendidikan Pancasila 

Capaian Pembelajaran IPAS :
Capaian Penbelajaran IPAS :

Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).

Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS:
Peserta didik dapat menjelaskan zat (materi) beserta karakteristiknya dan melakukan percobaan tentang pengertian zat (materi) beserta karakteristiknya.
Fokus Materi : 
Penyebaran biji di lingkungan

Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru; mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah; melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah
Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:
1. 2.1  Peserta didik mampu menjelaskan makna aturan dan norma

2.2  Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di rumah , sekolah dan lingkungan sekitar

      Fokus materi : Norma dimasyarakat

Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi IPAS
Apresepsi

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin??
kemarin kita sudah belajar tentang fotosintetis pada tumbuhan dan kita juga sudah melaksanakan penilaian sumatif untuk bab 1 (Tumbuhan)
Nah, untuk itu sekarang kita mulai pembelajaran selanjutnya yaa...

Materi IPAS
Untuk mengetahui apa itu massa, bisa dilakukan dengan percobaan pada timbangan. Pelajari cara berikut dan cobalah sendiri untuk membuktikannya.

Ketika di atas timbangan tidak diletakkan apa pun, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika di salah satu timbangan diletakkan benda seperti kerikil, maka timbangan akan miring ke salah satu bagian. 


Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan itu memiliki massa. Seperti pada gambar berikut: Timbangan akan miring ke arah benda yang lebih berat. Itu artinya benda yang ada di kanan lebih berat dibandingkan benda yang ada
di kiri. Ini menunjukkan bahwa massa batu lebih besar dibandingkan massa kerikil.

Massa adalah besaran dari suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa maka benda itu merupakan materi. Massa suatu benda bisa berbeda dengan massa benda lainnya. 

Mirip seperti massa, volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat. Bedanya adalah biasanya massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat padat, sedangkan volume biasanya digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti air, minuman, oli dan lain
sebagainya.

Tugas!
Carilah dua buah benda yang ada di sekitar kalian. Mintalah bantuan kepada guru untuk membandingkan benda mana yang massanya. lebih besar. Lalu, tuliskan hasil pengamatan pada buku tugas menggunakan format tabel yang akan di sampaikan oleh bu guru☺

Materi PKN
Norma merupakan kaidah atau aturan yang harus dipatuhi oleh setiap manusia dalam
menjalankan berbagai aktivitas kehidupannya dalam kehidupan di keluarga, masyarakat,
maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap manusia mempunyai sifat dan
keinginan atau kepentingan yang berbeda-berbeda.

Berikut penyelasan masing-masing norma dan contoh yang ada di sekitar kita.

Yuk, simak penjelasannya!

1. Norma agama

Norma agama merupakan sekumpulan peraturan hidup mamusia yang berasal dari Tuhan. Umumnya norma agama akan membuat manusia mengendalikan sikap dalam kehidupan sehari-hari. Contoh norma agama yang paling umum ialah beribadah sesuai kepercayaan dan agamanya.

2. Norma kesusilaan

Norma kesusilaan sendiri muncul dari hati nurani manusia ketika melakukan suatu hal.Umumnya norma tersebut bersifat lokal di masyarakat tertentu. Jika masyarakat melakukan pelanggaran maka akan ada sanksi sosial seperti dikucilkan atau muncul rasa penyesalan, Kids. Contoh dari norma kesusilaan yaitu selalu jujur dan memperlakukan mahkluk hidup dengan baik.

3. Norma kesopanan

Secara umum norma kesopanan akan muncul di masyarakat atau komunitas. Norma kesopanan merupakan aturan-aturan yang memfokuskan kepada perbuatan seseorang dalam menjaga sopan santun. Meski begitu, setiap wilayah memiliki norma kesopanan yang berbeda-beda. Contoh norma kesopanan yang paling umum ialah menghargai seseorang ketika berbicara. Lalu, hormat kepada orang yang lebih tua.

Refleksi & evaluasi

Baik anak soleh solehah setelah td kita sudah belajar materi Pendidikan Pancasila tentang norma dilingkungan Masya  dan materi IPAS tentang wujud benda semoga anak sholeh sholehah mamu untuk mangingat dan memahami materi yang di jelaskan.

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semua bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar, Senin 4 Desember 2023

  Hari / Tanggal              :  Senin, 4 Desember 2023 Kelas :                            : 4A Materi                         :  Sumatif Ak...