Selasa, 25 Juli 2023

Materi Ajar, Selasa 25 Juli 2023

 




Hari/Tanggal : Selasa, 25 Juli 2023

Kelas : 4A

Mapel : Matematika & Seni Budaya

Capaian Penbelajaran Matematika :

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.1  Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah

       Fokus Materi : Mengenal bilangan cacah sampai 100.000

Capaian Penbelajaran Seni Budaya :
peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
Tujuan Pembelajaran (TP) Seni Budaya:
1. 1   
Mengidentifikasi dan memperagakan gerak tari

      Fokus materi : Memperagakan tari meak

Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Matematika
Apersepsi

Masih ingatkah kalian dengan materi di kelas 3 tentang bilangan cacah ribuan, 
3.420. dari bilangan di atas tersebur, manakah yang merupakan ratusan??
Benar, yang merupakan ratusan adalah angka 4.
Sudah ingat yaa..
baik, sekarang kita akan mengenal nilai tempat bilangan yang leih banyak lagi...
Perhatikan gambar di bawah ini!!
Dapatkah kalian membaca bilangan
yang tertulis pada label harga pada
gambar?
Setelah Helen dan Ibu berbelanja di minimarket, Mereka belanja tissue dengan harga Rp. 18.000.

Mereka pulang ke rumah.
Jarak dari minimarket ke rumah, yaitu 3.286 meter.
Tahukah kalian cara membaca bilangan 3.286?
Dibaca: Tiga Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Enam.

Contoh:
2.634 dibaca dua ribu enam ratus tiga puluh empat
7.003 dibaca tujuh ribu tiga (ratusan dan puluhan tidak dibaca karena nol)
6.570 dibaca enam ribu lima ratus tujuh puluh (satuan tidak dibaca karena
nol)

Jika pada ratusan, puluhan dan satuan tertulis bilangan 0 maka bilangan
tersebut tidak dituliskan

Tugas!
a. Bacalah bilangan 7.350.
b. Bacalah bilangan 9.500.
c. Bacalah bilangan 2.150.


Materi Seni Budaya

Tari merak dikenalkan ke pentas seni secara lebih luas oleh seniman Sunda yang bernama Raden Tjetjep Soemantri. Tarian merak merupakan tari modern atau kontemporer, dimana setiap gerakan dalam tarian ini diciptakan secara bebas dengan kreasi sendiri.

Tari ini bukan tarian tradisional atau tarian klasik. Namun karena keindahan gerakannya, tarian ini mampu menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat dan Indonesia secara luas.


Kesenian tari merak adalah penerapan dan kehidupan atau tingkah laku seekor burung merah. Lebih spesifik lagi, tari ini diambil dari perilaku burung merak jantan ketika ingin memikat burung merak betina. Salah satu gerakan indah yang ditampilkan adalah gerakan burung merak jantan yang memperlihatkan keindahan bulu ekornya.

Gerakan ini bertujuan untuk menarik perhatian burung merak betina. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, tarian ini mengalami beberapa perubahan gerak dari aslinya. Pda pementasannya, tari merak dilakukan secara berpasang-pasangan.

Setiap penari memiliki peranan masing-masing,, yaitu sebagai merak jantan dan merak betina. Setiap gerakan penari diiringi oleh musik tradisional bernama gending macan ucul.

Iringin gamelan ini memberikan tempo kepada penari untuk mengerakkan tubuhnya secara gemulau layaknya perilaku burung merak sehari-hari. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan dengan sangat indah dan mempesona.

Refleksi & evaluasi
Baik anak soleh solehah setelah td kita sudah belajar  materi matematika tentang mengenal bilangan sampai 10.000 dan seni tari tantang gerak tari merak, semoga anak sholeh sholehah mamu untuk  mangingat dan memahami materi yang di jelskan.


Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semua bermanfaat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar, Senin 4 Desember 2023

  Hari / Tanggal              :  Senin, 4 Desember 2023 Kelas :                            : 4A Materi                         :  Sumatif Ak...