Hari/Tanggal : Rabu, 26 Juli 2023
Kelas : 4A
Mapel : Matematika & IPAS
Capaian Penbelajaran Matematika :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.1 Membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah
Fokus Materi : Membandingan dan mengurutkan bilangan
Capaian Penbelajaran IPAS :
Peserta didik
menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia
(pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu
sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi
masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan
sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.
Tujuan Pembelajaran (TP) Seni Budaya:
1. 1 Peserta didikdaoat menganalisis hubungan antara bentuk serta furngsi bagian tubuh pada tumbuhan
1. 1 Peserta didikdaoat menganalisis hubungan antara bentuk serta furngsi bagian tubuh pada tumbuhan
Fokus materi : bagian tubuh tumbuhan
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar
Materi Matematika
Apresepsi
Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin??
kemarin kita sudah belajar tentang bilangan cacah sampai 10.000
untuk dapat mengingat lagi, siapakah yang bisa menjawab petanyaan berikut?
12.089 dibaca dua belas ribu sembilam puluh delapan
Baik, jika sudah meningatt kia akan melanjutkan pembelajaran hari ini.
Slamet dan Ibu akan membuat jus buah.
Mereka pergi ke pasar tradisional untuk membeli buah.
Ibu Slamet membeli buah manggis dan apel.
Ibu Slamet membeli setengah kilogram manggis dengan harga Rp7.500,00
dan seperempat kilogram apel dengan harga Rp6.750,00
Amati gambar di atas. Pernahkan kalian pergi ke pasar tradisional? Apakah
kalian mengetahui harga buah di pasar? Tentunya harga yang ditawarkan
di tiap kios pasar dapat berbeda. Jika di kios A harga bengkoang sebesar
Rp7.500,00 dan di kios B sebesar Rp8.750,00, kios manakah yang akan kalian
putuskan sebagai tempat membeli? Mengapa kalian memutuskan untuk
membeli di tempat itu?
Tentu kalian memutuskan untuk membeli kengkoang di kios A karena lebih murah.
Bandingkan angka pada tempat ribuan.
Angka pada tempat ribuan untuk 8.750 adalah 8.
Angka pada tempat ribuan untuk 7.500 adalah 7
Karena 8 lebih dari 7. Jadi, 8.750 lebih dari 7.500.
Dapat ditulis 8.750 > 7.500. Keterangan: untuk tanda “>” dibaca lebih dari
Perhatikan bilangan 4.352 dan 4.365, selanjutnya kita bandingkan nilai tempat
dari kedua bilangan tersebut.
Angka pada tempat puluhan untuk 4.352 adalah 5.
Angka pada tempat puluhan untuk 4.365 adalah 6.
Karena 5 kurang dari 6. Jadi, 4.352 kurang dari 4.365.
Dapat ditulis 4.352 < 4.365. Keterangan: untuk tanda “<” dibaca kurang dari.
Perhatikan bilangan 4.352 dan 4.355, selanjutnya kita bandingkan nilai tempat
dari kedua bilangan tersebut.
Tugas!
Bandingkan bilangan berikut dan temukan yang lebih besar!
a. 5.734 dan 4.312
b. 5.614 dan 5.368
c. 7.124 dan 7.197
Materi IPAS
Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya
Sama seperti anggota tubuh kita, bagian tubuh tumbuhan juga
memiliki peran dan fungsinya masing-masing.
Akar adalah bagian yang penting bagi tumbuhan. Jika akar dipotong,
maka tumbuhan tidak bisa mengambil nutrisi dari dalam tanah dan
akan mati. Ada 2 jenis akar pada tumbuhan yaitu akar serabut dan
akar tunggang.
Akar juga bisa menjadi tempat menyimpan cadangan makanan
bagi tumbuhan seperti wortel. Tanaman wortel memiliki jenis akar
tunggang. Tanaman ini menyimpan cadangan makanannya di dalam
akar. Jadi jika kalian memakan wortel, sebenarnya kalian memakan
akar loh!
1. Akar pada tumbuhan berungsi sebagai
2. Untuk menyalurkan air dan makanan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan adalah....
Refleksi & evaluasi
Baik anak soleh solehah setelah td kita sudah belajar materi matematika tentang membandingkan dan mengurukan bilangan dan IPAS tentang mengenal bagian dan fungsi tumuhan semoga anak sholeh sholehah mamu untuk mangingat dan memahami materi yang di jelskan.
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semua bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar