Rabu, 24 Mei 2023

 


Rabu, 24 Mei 2023

Materi Ajar Rabu 24 Mei 2023

 Taman Koperasi BENA IJOK: Bismillah & KeLebihannya


Hari/Tanggal : Selasa, 23 Mei 2023

Kelas : 1 A

Tema / Subtema : TEMA 8 (Peristiwa Alam) / SUBTEMA 4 (Bencana Alam) 

Pembelajaran : 5&6

Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan

Kompetensi dasar :

Pembelajaran 5

Bahasa Indonesia

3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian terima kasih, minta tolong, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Matematika

3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret


Pembelajaran 6

PPKN

3.4  Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di rumah.

Pjok

3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air  dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.

Bahasa Indonesia

3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian terima kasih, minta tolong, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Sbdp

3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya

Tujuan pembelajaran

1.siswa dapat mengurutkan suhu benda dari yang lebih panas ke lebih dingin berdasarkan alat ukur tidak baku.

2. Dengan presentasi, siswa dapat menyebutkan dan mempresentasikan bentuk kerja sama yang dilakukan di rumah.

3siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan ungkapan permintaan tolong secara lisan atau tulis dengan tepat.

Apersepsi

Assalamu'alaikum wr wb 

Good morning soleh solehah kelas 1 A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG

Bagaimana hari ini kalian tetap semangat ya ...  baca doa belajar dulu ya nak.. 


Baik anak anak bu guru,, kemarin kita belajar apa yaa ?? Adakah yg masih ingat nak? 

Yaaa betul kemarin kita sudah belajar mengenal tentang ungkapan permintaan tolong  Dan Cara mengukur suhu panas dan dingin 

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 5 dan 6 ya tentang mengurutkan suhu dari yang lebih panas ke lebih dingin

Mari kita simak pembelajaran  5

Apabila terjadi bencana alam, bantuan sangat diperlukan.Kita bisa meminta tolong kepada orang lain.

Siti dan teman-teman sedang berada di balai desa.Mereka sedang membantu mengisi bak penampungan air.Mereka saling menolong.

Amati gambar Udin dan teman-teman di bawah ini.


Percobaan Suhu Air

Bisakah kita mengukur suhu dengan tangan?

Edo ingin membuktikan hal itu.

Edo akan membuat sebuah percobaan.

Untuk merasakan suhu panas dan dingin.

Edo mengajak teman-teman ke rumahnya.

Edo mengajak mereka mengikuti percobaannya.

Berikut petunjuk percobaan Edo.

1. Siapkan tiga buah wadah: A, B, dan C.

Letakkan di atas meja.



2. Ketiga wadah tersebut diisi air yang sama 

banyaknya.

3. Jenis dan suhu air di ketiga wadah tersebut berbeda.

4. Minta seorang teman untuk maju ke meja 

percobaan. 

5. Tolong masukkan tangan kanan ke wadah A.

Kemudian, masukkan tangan kiri ke wadah C.

Biarkan selama 30 detik.


Setelah itu, masukkan tangan kanan dan kiri ke wadah B secara bersamaan.

6 Setelah kedua tanganmu dimasukkan:

a. Apa yang dirasakan oleh tangan kananmu? 

b. Apa yang dirasakan oleh tangan kirimu?

c. Dapatkah tangan kanan dan kirimu merasakan hal yang sama?

d. Mengapa demikian?


7. Urutkan suhu yang terasa di ketiga wadah. 

Urutkan dari yang terpanas. Urutannya adalah:

Wadah....., wadah....., wadah.....

Pembelajaran 6

Bermain sambil Mengukur Suhu

Siti dan teman-teman telah selesai bermain peran.Mereka beristirahat di halaman sekolah.Beni dan Udin sedang bermain bola.

Siti dan Lani sedang duduk di bawah pohon.Dayu dan Edo sedang piket membersihkan kelas.Mereka melakukan kegiatan yang berbeda-beda.

Setelah piket, Dayu dan Edo ikut beristirahat bersama teman.

Siti mengajak teman-teman bermain sambil belajar.

Bermain merasakan suhu badan dengan telapak tangan.

Siti dan Beni menyentuh dahi teman secara bergantian.

Siti menyentuh dahi Dayu dan Lani.

Beni menyentuh dahi Edo dan Udin.

Apakah kamu dapat mengukur suhu badan dengan telapak tangan?

Apakah ada perbedaannya?

Mengapa demikian?

Cobalah lakukan bersama temanmu.

Cobalah mengukur suhu badan dengan telapak tangan.



Latihan soal :

Ajak temanmu bermain mengukur suhu. 

Bermain mengukur suhu dengan alat ukur tidak baku.

Pegang dahi temanmu dan rasakan suhunya.

Bandingkan suhu badan teman-temanmu.

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga orang. 

Pegang dahi temanmu dan rasakan suhu badannya. 

a. Siapakah yang badannya terasa paling 

panas? .

b. Siapakah yang badannya terasa paling 

dingin? .

c. Sekarang pegang dahimu dan rasakan suhu 

badanmu. Bandingkan dengan suhu badan 

temanmu.

Urutkan suhu badan dari yang paling panas. 

, , .

2. Buatlah kelompok yang terdiri atas empat orang. 

Pegang dahi temanmu dan rasakan suhu badannya.

a. Siapakah yang badannya terasa paling 

panas? .

b. Siapakah yang badannya terasa paling 

dingin? .

c. Bandingkan dengan suhu badan temanmu.

Urutkan suhu badan dari yang paling panas.

, , .



Refleksi & evaluasi
Baik anak soleh solehah setelah td kita praktik mengukur suhu dan mengurutkan nya.. Bu guru harap kalian membedakan suhu panas dan suhu dingin. 
Alhamdulillah besok kita lanjutkan lg dengan mengerjakan latihan soal dalam menghadapi ujian PAS ya nak

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semua bermanfaat. 
Wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar, Senin 4 Desember 2023

  Hari / Tanggal              :  Senin, 4 Desember 2023 Kelas :                            : 4A Materi                         :  Sumatif Ak...