Hari/Tanggal : Selasa, 23 Mei 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : TEMA 8 (Peristiwa Alam) / SUBTEMA 4 (Bencana Alam)
Pembelajaran : 3 & 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
Pembelajaran 3
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian terima kasih, minta tolong, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
PPKN
3.4 Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di rumah.
Matematika
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret
Pembelajaran 4
Pjok
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian terima kasih, minta tolong, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
Sbdp
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
Tujuan pembelajaran
1. siswa dapat mengukur dan mengurutkan suhu benda dengan satuan ukur tidak baku.
2. Dengan presentasi, siswa dapat menyebutkan dan mempresentasikan bentuk kerja sama yang dilakukan di rumah.
3siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan ungkapan permintaan tolong secara lisan atau tulis dengan tepat.
Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas 1 A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat ya ... baca doa belajar dulu ya nak..
Baik anak anak bu guru,, kemarin kita belajar apa yaa ?? Adakah yg masih ingat nak?
Yaaa betul kemarin kita sudah belajar mengenal tentang ungkapan Terima kasih dan berbagai bencana alam di bumi
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 3 dan 4 ya tentang cara mengukur suhu panas dan dingin serta belajar mengungkapkan permintaan tolong kepada teman atau orang lain.
Mari kita simak pembelajaran 3
Lani dan teman-teman sedang bermain bersama.Mereka bermain di halaman sekolah.Lani mengajak teman-teman bermain peran.
Tentang kejadian alam yang ada di sekitar. Peran apakah yang akan mereka mainkan?Perhatikan percakapan Lani dan teman-tema
Suhu Panas dan Suhu Dingin
Usai bermain, Lani dan teman-teman kembali ke kelas.Udara di luar kelas terasa panas.
Sementara itu, udara di dalam kelas terasa dingin. Lani ingat, semalam hujan deras. Udara terasa dingin.
Siang ini sangat cerah, udara terasa panas.
Lani dan Edo berbeda pendapat.Mereka merasakan suhu udara yang berbeda.Walaupun pada waktu dan tempat yang sama.
Bermain sambil Mengukur Suhu
Bagaimana dengan udara di tempatmu?Samakah suhu udara yang kalian rasakan? Mengapa?
Edo lalu mencoba mengukur suhu.Mengukur suhu dengan alat ukur tidak baku.
Edo memegang kursi di kelas dengan telapak tangan.Kursi terasa dingin.
Edo lalu berjalan ke luar kelas.Edo memegang batu di halaman sekolah.Batu terasa panas.
Pengalaman Bekerja Sama
Dayu telah beraktivitas bersama teman.Dayu telah mengukur suhu benda dengan alat ukur tidak baku.Dayu dan teman-teman beristirahat sejenak. Setelah itu, Dayu dan teman-teman bertukar cerita.
Saat tertimpa bencana alam, bantuan sangat dibutuhkan.Orang-orang saling bekerja sama.Para korban bencana dapat segera ditolong.
Begitu pula saat di rumah terjadi masalah.Anggota keluarga saling bekerja sama.Agar masalah di rumah segera teratasi.
Pembelajaran 4
Menulis Permintaan Tolong
Bencana alam dapat menimpa siapa pun.Bencana alam dapat pula menimpa dirimu.Saat menghadapi kesulitan, kamu perlu bantuan.Mintalah tolong kepada temanmu.
Membuat Hiasan dari Tanah Liat
Siti ingin membantu korban bencana alam.
Siti mengajak ayahnya ke rumah tetangga UdinMereka mau membuat hiasan dari tanah liat.Tanah liat dibentuk menjadi aneka rupa.Hasilnya akan disumbangkan kepada anak-anak korban bencana alam.
Mari, berkreasi membuat hiasan dari tanah liat.Amati contoh bentuk hiasan tanah liat berikut. Dan selamat berkreasi..
Latihan soal
Ungkapkan permintaanmu dengan kata yang santun.
Refleksi & evaluasi
Alhamdulillah ananda hr ini sudah dapat mengungkapkan kalimat permintaan tolong dengan tepat, nah sekarang kalian juga sudah dapat membedakan suhu panas dan suhu dingin.
Besok kita lanjutkan pembelajaran 5&6 ya nak
Penutup
Baik anak soleh dan solehah pembelajaran hari ini bu guru akhiri ya.. Semoga bermanfaat dan tetap jaga sholat 5 waktu nya..
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar