Hari/Tanggal : Rabu, 29 maret 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : TEMA 7 (Benda, Hewan, dan Tanaman
di Sekitarku) / SUBTEMA 1 (Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita)
Pembelajaran : 3&4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
Pembelajaran 3
Bahasa Indonesia
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
Matematika
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
PPkn
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
Pembelajaran 4
Bahasa Indonesia
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
SBDP
3.2 Mengenal elemen musik melalui
lagu
Tujuan pembelajaran :
1. siswa menuliskan simbol sila keempat Pancasila melalui kegiatan menyusun kata dengan benar.
2. Siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Dengan menggunakan lembar kegiatan pada buku siswa, siswa dapat membilang 41 sampai dengan 99 dengan benar.
Apersepsi :
Baik sebelum memulai pelajaran ada baiknya kita berdo'a dl ya nak..
Perhatikan simbol Pancasila berikut ini.
Lingkari gambar yang menunjukkan simbol sila
ke-4 Pancasila.
Gambar kepala banteng adalah gambar buatan manusia.
Gambar kepala banteng adalah simbol sila ke-4
Pancasila.
Banteng merupakan hewan ciptaan Tuhan.
Banteng termasuk salah satu contoh benda hidup.
Benda hidup dapat bergerak dan membutuhkan
makanan.
Benda hidup memerlukan makanan.
Manusia membutuhkan makanan agar dapat tumbuh.
Makanan sehat sangat penting untuk kesehatan.
Daging, buah-buahan, dan sayuran termasuk
masakan sehat.
Dayu suka makan buah pisang.
Lani suka makan buah pepaya.
Beni suka makan buah apel.
Mari mencoba menghitung banyaknya buah berikut ini.
Banyaknya apel adalah 44 buah.
44 ditulis empat puluh .
Pembelajaran 4
Benda hidup dapat tumbuh besar.
Benda hidup dapat bertambah berat dan tinggi.
Tinggi badan kita bertambah sejak bayi hingga
sekarang.
Hewan dan tumbuhan juga dapat bertambah tinggi.
Benda tak hidup tidak dapat tumbuh besar.
Benda-benda dapat memiliki tinggi yang berbeda-beda
Perbedaan panjang pendek juga ada pada bunyi.
Ada bunyi panjang dan ada bunyi pendek.
Cobalah perhatikan kembali lagu
Topi Saya Bundar berikut ini.
Latihan soal
Hitunglah benda pada gambar tersebut dengan tepat!!
Evaluasi & Refleksi
Alhamdulillah kalian telah mempelajari ciri ciri dari benda hidup dan tak hidup, serta kalian dapat mengurutkan angka hingga 99 dengan tepat dan juga membandingkan ukuran benda dengan tepat.
Besok kita akan belajar di PB 5&6 ya nak tentang perkembang biakan benda hidup dan menggambar lambang dari sila ke 4
Penutup
Baik bu guru akhiri pembelajaran hari ini.
Tetap jaga puasanya yaa hingga magrib😁😁
W assalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar