Hari/Tanggal : kamis, 30 maret 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : TEMA 7 (Benda, Hewan, dan Tanaman
di Sekitarku) / SUBTEMA 1 (Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita)
Pembelajaran : 5&6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
Pembelajaran 5
Bahasa Indonesia
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
SBDP
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
Pembelajaran 6
Bahasa Indonesia
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
Matematika
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
Tujuan pembelajaran :
1. Siswa mengenal urutan angka
2. Siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Dengan menggunakan lembar kegiatan pada buku siswa, siswa dapat membilang 41 sampai dengan 99 dengan benar.
Apersepsi :
Baik sebelum memulai pelajaran ada baiknya kita berdo'a dulu ya nak..
Pembelajaran 5
Benda hidup dapat berkembang biak.
Benda tak hidup tidak dapat berkembang biak.
Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan.
Berkembang biak juga untuk memperbanyak
jumlahnya.
Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya.
Banyaknya telur adalah 47.
Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan
keranjang kecil.
Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil.
Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan.
Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan.
Jadi, 47 = 40 + 7
47 = 4 puluhan + 7 satuan
4 menempati tempat puluhan
7 menempati tempat satuan
Pembelajaran 6
Kamu sudah mengetahui bahwa gambar lambang
negara di dinding kelas termasuk benda tak hidup.
Kamu juga sudah mengetahui simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila.
🧩🧩🧩Latihan soal🎲🎲🎲
Apakah kamu masih ingat ciri-ciri benda hidup?
Coba perhatikan gambar di bawah.
Isilah titik-titik di bawah ini menggunakan kata
yang tersedia.
membentuk simbol sila ke-4.
Warnailah gambar tersebut sesuai dengan simbol sila ke-4.
Evaluasi & Refleksi
Alhamdulillah kalian telah mempelajari ciri ciri dari benda hidup dan tak hidup, dan cara berkembang biaknya, serta kalian dapat menempatkan nilai bilangan sesuai dengan tempat nya
Besok kita akan belajar di PB 1 di sub tema 2 ya nak
Penutup
Baik bu guru akhiri pembelajaran hari ini.
Tetap jaga puasanya yaa hingga magrib😁😁
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar