Sabtu, 28 Oktober 2023

Materi Sudut Kelas 4

 


Hari/Tanggal : Jum’at, 27 Oktober 2023

Kelas : 4A

Mapel : Matematika

Capaian Penbelajaran Matematika :

Peserta didik dapat menemukan cara untuk membandingkan ukuran sudut sebagai bukaan sisinya. v Siswa dapat memeriksa ukuran sudut yang dibuat oleh rotasi. v Siswa dapat mengetahui satuan "derajat (°)" dari besar kecilnya sudut v Siswa dapat mengetahui cara menggunakan busur derajat dan mengukur ukuran sudut dengan benar. v Siswa dapat menggambar sudut menggunakan busur derajat.

Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

Siswa dapat mengukur besaran  suatu sudut dan mengetahui cara mengukur menggunakan busur derajat

 

Fokus Materi : mengukur besaran  suatu sudut dan cara mengukur menggunakan busur derajat

 

 

Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar

 


 

Apresepsi

Halo my studens, How are you today. Alhamdulillah hari inikita masi diberikan kesehatab yaaa.....

Masih ingatkah kalian materi yang sudah kita pelajari pada hari sebelumnya?? Nah kemarin kita sudah belajar tentang materi hitung tentang perkalian dan pembagian dan alhamdulillah materinya sudah selesai dan Kita sudah melaksanakan penilaian sumatif ya.

 

Untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita yaitu tentang materi sudut. Ada yang tahu pengertian sudut dan bagaimana cara mengukurnya?? Baik jika ada yang sudah mengetahui dan lupa pada materi tersebut yang sudah disampaikan di kelas 3 kita akan mempelajari materi tersebut pada hari ini ya😊

 

Ukuran ruang terbuka di antara dua garis yang membentuk sebuah sudut disebut ukuran sudut.

 

Untuk membandingkan besaran sudut, dapat dilihat dari ukuran kelebaran sudutnya dan kita dapat mengukur menggunakan busur derajat. Dengan langkah sebagai berikut :

1.      Letakkan busur pada titik sudut. di posisi yang tepat (berimpit) di salah satu sudut kaki sudutnya. ...

2.      Barulah ukur sudutnya mulai dari 0 derajat yang terletak di kaki sudut hingga sampai pada kaki sudut sebelahnya.

Perhatikan video di bawah di bawah ini !!






Oke, sudah paham semua yaa tentang bagaimana cara mengukur sudut menggunakan  busur deraja??? Sekarang kita akan memahami jenis jenis sudut.

 

Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sudut yang besarnya kurang dari 90°, sehingga disimpulkan sudut lancip memiliki besar sudut 0° hingga kurang dari 90°.




Sudut Siku-Siku

 Sudut siku-siku adalah sudut yang hanya terdiri dari satu angka, yaitu 90° saja. Dalam sudut siku-siku, garis terlihat saling tegak lurus dan membentuk siku-siku 90°.



 

Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90°, sehingga disimpulkan sudut tumpul memiliki besar sudut 90° hingga kurang dari 180°.



Sudut Refleks

Sudut refleks adalah sudut yang besarnya lebih dari 180°, sehingga disimpulkan sudut refleks memiliki besar sudut lebih dari 180° hingga kurang dari 360°.

 

 

Latihan Soal
Hitunglah besaran sudut pada gambat di awah ini 


 

 Refleksi & evaluasi

Baik anak soleh solehah setelah td kita sudah belajar  materi Matematika mengukur besaran  suatu sudut dan cara mengukur menggunakan busur derajat” semoga anak sholeh sholehah mamu untuk  mangingat dan memahami materi yang di jelaskan.

 

Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semua bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar, Senin 4 Desember 2023

  Hari / Tanggal              :  Senin, 4 Desember 2023 Kelas :                            : 4A Materi                         :  Sumatif Ak...