Selasa, 10 Oktober 2023

Materi Ajar Selasa, 9 Oktober 2023

 


Hari/Tanggal : Selasa,10 Oktober  2023

Kelas : 4A

Mapel : Matematika & Bahasa Indonesia

Capaian Penbelajaran Matematika :

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. 
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:

1.2  Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah

       Fokus Materi : Pembagian dengan bilangan 1 angka

👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
2.1 Mampu memahami perbedaan paragraf deskriptif dan paragraf argumentasi


Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar


Materi Matematika
Apresepsi

Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka,  Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....

Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).

1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)

(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).

② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).

(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang  sama.

(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.

Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?
Pembagian
“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.



Materi Bahasa Indonesia

Masih ingatkah kalian dengan perbedaan paragraf deskriptif dengan paragran argumentasi...

Nah sekarang, kita akan kembali mempelajari tentang aragraf deskripif dan paragran argumentasi !!

Paragraf deskripsi adalah sebuah tulisan (karangan) yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya. Makna singkat atau agar mudah diingat deskripsi dapat diartikan "mengambarkan". Apa digambarkan? Objek yang telah (pernah) dilihat dan diamati penulis.

Apa itu paragraf argumentasi? Paragraf argumentasi adalah sebuah tulisan yang isinya bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti. Jadi, paragraf argumentatif adalah sebuah karangan yang membuktikan kebenaran tentang sesuatu.

Tugas!

Jika minggu lalu kita sudah membuat paragraf deskriptif, padapembelajaran kita kali ini kita akan bersama sama untu memberkan contoh paragraf argumenetasi ya naakkk,,, dari hasil yang sudah kita ba

Kesimpulan
Beberapa siswa masih kesulitan dalam mengoperasikan pembagian susun ke bawah, guru masih harus memberikan bimbingan kepada siswa yang kesullitan, 2 siswa yang masih kesulitan diberikan soal dengan materi perkalian. Pada materi bahasa indonesia juga masih ada siswa yang kesulitan dalam mengidentifikasi jenis paragraf, satu siswa yang masih pelu bimbingan diberikan pemdampingan untuk belajar membaca. 
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok  yaitu MTK dan IPAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar, Senin 4 Desember 2023

  Hari / Tanggal              :  Senin, 4 Desember 2023 Kelas :                            : 4A Materi                         :  Sumatif Ak...