Hari/Tanggal : Selasa, 3 Oktober 2023
Kelas : 4A
Mapel : Pendidikan Pancasila & Bahasa Indonesia
Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru; mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah; melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah
Tujuan Pembelajaran (TP) Pendidikan Pancasila:
👉Capaian Penbelajaran Bahasa Indonesia :
Tujuan Pembelajaran (TP) Bahasa Indonesia:
2.1 Mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi dalam bentuk cetak atau elektronik
Musyawarah dilakukan dalam berbagai kegiatan. Baik di sekolah maupun di masyarakat.
Musyawarah biasanya dilakukan untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai suatu persoalan yang di sebutdengan mufakat.
Di dalam musyawarah harus ada tujuan yang diputuskan atau dihasilkan, di antaranya:
1. Memberikan kesempatan dan menyelesaikan kesulitan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang atau perspektif.
Sehingga dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan standar dan persepsi anggota musyawarah.
2. Untuk mendapatkan kesepakatan bersama sehingga keputusan yang diambil dalam masyarakat dapat diterima dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh anggota musyawarah.
Di bawah ini adalah beberapa manfaat musyawarah, yaitu:
1. Dapat menyatukan pendapat yang berbeda.
2. Mencari kebenaran dan mencegah kekeliruan.
3. Permasalahan dapat segera teratasi.
4. Setiap keputusan yang diambil dalam musyawarah memiliki nilai keadilan.
5. Melatih untuk mengemukakan pendapat di depan banyak orang.
Tugas!
Tulislah latihan soal berikut di buku tugasmu!
1. musyawarah adalah....
2. mengapa di lakukan musyawarah.....
3. siapa yang harus ikut serta dalam musyaarah.....
4. hasil kesepakatan bersama disebut dengan.....
Materi Bahasa Indonesia
Kalimat utama yang letaknya di awal paragraf biasanya dilengkapi dengan kalimat penjelas di kalimat berikutnya.
Beberapa ciri-ciri paragraf deduktif, antara lain sebagai berikut.
1. Gagasan utama berada di awal paragraf.
2. Pola pengembangan kalimat dari umum ke khusus.
3. Selalu diawali dengan kalimat pernyataan yang bersifat umum.
4. Kalimat utama dapat dijelaskan lebih rinci melalui kalimat penjelas di belakangnya.
Tugas!
Amatilah lingkungan sekolah, sekalian bebas menentukan tempat mana yg kalian akan amati, kemudian buatlah suatu paragraf 👍👍
Tidak ada komentar:
Posting Komentar