Hari/Tanggal : Rabu, 23 Agustus 2023
Kelas : 4A
Mapel : Matematika & IPAS
Capaian Penbelajaran Matematika :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.
Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika:
1.2 Melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah
Fokus Materi : Pembagian dengan bilangan 1 angka
Capaian Penbelajaran IPAS :
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya).
Tujuan Pembelajaran (TP) IPAS:
Peserta didik dapat menjelaskan zat (materi) beserta karakteristiknya dan melakukan percobaan tentang pengertian zat (materi) beserta karakteristiknya.
Peserta didik dapat menjelaskan zat (materi) beserta karakteristiknya dan melakukan percobaan tentang pengertian zat (materi) beserta karakteristiknya.
Fokus materi : Massa dan Volume
Sebelum belajar marilah kita bersamasama untuk belajar
Materi Matematika
Apresepsi
Masih inggatkah kalian dengan yang sudah dipelajari kemarin?? kemarin kita sudah belajar tentang pembagian 1 angka dan 2 angka, Yuk kita lanjutkan materi selanjunya....
Pembagian pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari operasi perhitungan dasar matematika atau yang dikenal sebagai aritmatika. Dimana operasi hitungan pembagian ini adalah kebalikannya dari operasi hitungan perkalian. Pada pengoperasiannya, pembagian digunakan untuk menghitung hasil atau jumlah pada suatu bilangan terhadap pembaginya. Ketika kita belajar pembagian, maka tidak akan asing dengan tanda bagi berupa ‘titik dua” atau ( : ) bisa juga menggunakan tanda “garis miring” atau (/).
1. Kita ingin membagi 48 permen karamel sama rata terhadap 9 anak. Berapa permen yang akan diterima setiap anak dan berapa sisanya?(jumlah permen : jumlah anak)
(1) "Bagi"
① "Di mana" hasil bagi diletakkan?
Tekankan pada penentuan hasil bagi di nilai tempat pertama (satuan).
② "Berapa" hasilnya?
Jika hasil baginya adalah 6, maka akan menjadi 9 x 6 = 54, yang menyebabkan bilangan yang dibagi menjadi lebih besar dari yang seharusnya, sehingga 5 yang merupakan hasil bagi dan diletakkan pada nilai tempat pertama (satuan).
(2) "Kalikan"
① 9 × 5 = 45
② Tuliskan 45 di bawah 48 dalam urutan yang sama.
(3) "Kurangkan, konfirmasi"
① 48 - 45 = 3
② Pastikan sisa 3 lebih kecil dari bilangan pembagi 9.
Cara menghitung 48 : 9 dengan Bersusun
Bagilah 48 karamel ini menjadi 9 bagian untuk setiap orang. Karamel tersebut dibagi kepada berapa orang, dan berapakah sisanya?
“9 kali 6 sama dengan 54” terlalu besar, karena itu aku menggunakan “9 kali 5 sama dengan 45”
① Tulis 5 di atas nilai tempat satuan pada bilangan 48.
Materi IPAS
Untuk mengetahui apa itu massa, bisa dilakukan dengan percobaan pada timbangan. Pelajari cara berikut dan cobalah sendiri untuk membuktikannya.
Ketika di atas timbangan tidak diletakkan apa pun, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika di salah satu timbangan diletakkan benda seperti kerikil, maka timbangan akan miring ke salah satu bagian.
Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan itu memiliki massa. Seperti pada gambar berikut: Timbangan akan miring ke arah benda yang lebih berat. Itu artinya benda yang ada di kanan lebih berat dibandingkan benda yang ada
di kiri. Ini menunjukkan bahwa massa batu lebih besar dibandingkan massa kerikil.
Massa adalah besaran dari suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa maka benda itu merupakan materi. Massa suatu benda bisa berbeda dengan massa benda lainnya.
Mirip seperti massa, volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat. Bedanya adalah biasanya massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat padat, sedangkan volume biasanya digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti air, minuman, oli dan lain
sebagainya.
Carilah dua buah benda yang ada di sekitar kalian. Mintalah bantuan kepada guru untuk membandingkan benda mana yang massanya. lebih besar. Lalu, tuliskan hasil pengamatan pada buku tugas menggunakan format tabel yang akan di sampaikan oleh bu guru☺
Tidak ada komentar:
Posting Komentar