Hari/Tanggal : Selasa 09Mei 023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : TEMA 8 (Peristiwa Alam) / SUBTEMA 1 (Peristiwa siang dan malam)
Pembelajaran : 3&4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
Pembelajaran 3
1.Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan,dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
2. PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3. Matematika
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret.
Pembelajaran 4
1. Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yangberkaitan dengan peristiwasiang dan malam melaluiteks pendek (gambar, tulisan,dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan
2. Pjok
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air
Tujuan pembelajaran :
1. Dengan mencermati gambar tentang peristiwa malam dan siang hari, siswa dapat menuliskan kalimat dengan menggunakan kosakata tersebut dengan benar
2. siswa mampu menceritakan pengalamannya dalam mengamalkan sila kelima Pancasila dengan percaya diri.
3,siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas 1 A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat ya meskipun kalian belajarnya dari rumah.. Jangan lupa kerjakan terlebih dahulu sholat dhuha dan membaca pass word nya yakni surat al lahab, an Nashr, dan al kafirun😇😇😇
Yuk kita baca doa belajar dulu ya nak..
Baik anak anak bu guru,, kemarin kita belajar apa yaa terakhir sebelum libur?
Yaaa betul kemarin kita sudah belajar mengenal peristiwa siang dan malam hari di pembelajaran 1&2
Alhamdulillah kalian hampir seluruh nya sudah bisa. Tapi tetap berlatih ya dirumah..
Hari ini kita masuk ke tema 8 tentang Peristiwa alam di sub tema 1 nya tentang mengukur benda dengan satuan tidak baku
Mari kita simak pembelajaran 3
Pulang sekolah hari masih siang.
Udara siang hari terasa panas.
Angin bertiup sepoi-sepoi.
Angin membuat udara terasa lebih sejuk.
Siti mengajak teman-teman bermain sepeda.
Siti sudah bisa naik sepeda.
Ayah telah mengajarkan Siti naik sepeda.
Banyak permainan yang dapat dilakukan saat siang hari.
Jika matahari terasa menyengat, kalian bisa bermain di dalam rumah.
Jika udara terasa sejuk, kalian bisa bermain di luar rumah.
Permainan apa yang dapat kalian lakukan di dalam rumah?
Siti dan teman-teman asyik bersepeda.Mereka mengitari lapangan.
Di lapangan banyak anak bermain layang-layang.Udin mengajak teman-teman ikut bermain layang-layang.
Lihat layang-layang Udin lebih tinggi daripada Beni.
Tahukah kamu mengapa?
Karena tali layang-layang Udin lebih panjang daripada Beni.
Yuk, kita hitung panjang tali layang-layang Udin.
Udin dan Beni mengukur panjang tali layang-kayang menggunakan jengkal tangan.
Pagi ini matahari bersinar cerah.
Beni mengajak teman-teman bermain.
Mereka akan bermain di kolam renang.
Tubuh akan terasa makin segar.
Beni mengganti pakaiannya.
Mereka melakukan pemanasan terlebih dahulu.
Beni berdiri di dalam kolam.
Beni mencoba membungkuk.
Kepalanya masuk ke dalam air selama hitungan 1,2, dan 3.
Selesai bermain di kolam renang.
Edo mengajak teman-teman bermain musik.
Bermain musik menggunakan gelas dan air.
Edo mengatur gelas berjejer.
Kemudian, Edo mengisi gelas dengan jumlah airb erbeda.Edo memukul gelas yang diisi air menggunakan sendok.
Pertama, Edo memukul gelas yang diisi air penuh.
Lalu Edo memukul gelas yang diisi air sedikit.
Dari gelas dan air akan terdengar nada-nada.
Ada nada tinggi.
Ada juga nada rendah.
LATIHAN HARI INI 🥰🥰🥰
Silahkan kalian kerjakan tugas latihan dr bu guru ini yaa..
Ditulis di buku latihan tematik nya dan jangan lupa tulis bismillah, serta hari dan tanggalnya ya nak😘
Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat.
1. Apakah bunyi sila kelima Pancasila?
2. Apa lambang sila kelima Pancasila?
3. Sikap apa yang harus kita lakukan agar sesuaidengan sila kelima Pancasila?
Iievaluasi & refleksi
Alhamdulillah anak anak kalian sudah mampu mengujur benda dengan jengkal tangan kalian ataupun langkah kaki kalian.
Untuk besok kita akan belajar pembelajaran 5&6.
penutup
Bu guru cukup kan sampai disini ya nak Semoga bermanfaat dan jangan lupa sholat 5 waktunya ya😃
Tidak ada komentar:
Posting Komentar