Tema / Subtema : TEMA 8 (Peristiwa Alam) / SUBTEMA 2 (kemarau)
Pembelajaran : 3&4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
Pembelajaran 3
1.PPkn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2. Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3. Matematika
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret
Pembelajaran 4
1. Bahasa Indonesia
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
2. PJOK
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
3. SBDP
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
Tujuan pembelajaran :
1. siswa dapat memerankan ungkapan pujian lisan atau tulis dengan tepat
2. siswa dapat menentukan urutan berat benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret
3. siswa dapat mengungkapkan kalimat ajakan dan menuliskannya.
Apersepsi
Assalamu'alaikum wr wb
Good morning soleh solehah kelas 1 A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat ya meskipun kalian belajarnya dari rumah.. Jangan lupa kerjakan terlebih dahulu sholat dhuha dan membaca pass word nya yakni surat al Ashr dan at takaatsur😇😇😇
Yuk kita baca doa belajar dulu ya nak..
Baik anak anak bu guru,, kemarin kita belajar apa yaa ?? Adakah yg masih ingat nak?
Yaaa betul kemarin kita sudah belajar mengenal tentang ungkapan pujian di pembelajaran 1&2
Hari ini kita masuk ke pembelajaran 3 dan 4 ya tentang siswa dapat menentukan urutan berat benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret
Mari kita simak pembelajaran 3
Cuaca pada musim kemarau begitu cerah.Sinar mentari pagi begitu hangat.
Lani dan teman-teman berangkat ke
sekolah.
Sambil berjalan, Lani melihatsuasana di sekeliling.
Mereka menimbang benda dengan alat ukur tidakbaku.
Mereka menggunakan penggaris dan gantungan baju.
Mereka juga menggunakan buku dan kelereng.
Beni menggambarkan cara membuatnya di atas pasir
• Pertama, ambil sebuah penggaris panjang.
• Lalu, letakkan di atas sebuah balok.
• Atur posisi penggaris agar seimbang.
• Letakkan sebuah piring plastik di ujung kiripenggaris.
• Letakkan sebuah piring plastik di ujung kananpenggaris.
• Ambil buku yang akan ditimbang.
• Lalu, taruh di atas piring di ujung kiri.
• Ambil kelereng untuk mengukur berat.
• Lalu, taruh di atas piring di ujung kanan.
Amati sampai penggaris seimbang.
Catat berat benda yang ditimbang.
• Pertama, ambil sebuah gantungan baju.
• Gantungkan di tali jemuran.
• Ambil dua buah kantong plastik bening.
• Kaitkan satu kantong di ujung kanan gantunganbaju.
• Kaitkan satu kantong di ujung kiri gantunganbaju.
• Ambil sendok yang akan ditimbang.
• Lalu, masukkan ke dalam kantong di ujung kiri.
• Ambil kelereng untuk mengukur berat.
• Lalu, masukkan ke dalam kantong di ujung kanan.
Pembelajaran 4
Hari menjelang sore.
Udin mengajak teman-teman bermain bersama.
Udin bermain di sungai dekat rumah Edo.
Saat musim kemarau, air sungai menjadi dangkal.
Tinggi airnya sebetis Edo.
Ayah Edo mengizinkan mereka bermain di sungai.
Jika tidak dangkal mereka dilarang bermain sendiri.
Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan Dayu.
Dayu hendak menjemput Lani dan Siti.
Dayu dan teman-teman akan menari di balai desa.
Contoh ungkapan kalimat pujian
Ayo Menari
Mari menari tirukan gerakan burung.
Menari mengikuti irama lagu.
Rentangkan tanganmu bagaikan sayap burung.
Ayunkan ke atas dan ke bawah.
Berputarlah berkeliling seperti lingkaran.
Gelengkan kepala, lalu anggukkan.
Seperti burung yang mencari makan.
Latihan SOAL :
Soal berikut nya perhatikan contoh soal yang ada di atas ya nak.
Buatlah sebuah kalimat ajakan dengan melihat gambar di bawah ini
Refleksi dan evaluasi
Alhamdulillah anak soleh solehah bu guru hari ini telah mampu membuat kalimat pujian dan ajakan serta kalian juga dapat mengukur benda dengan menggunakan alat timbangan ataupun gantungan.
Terus berlatih di rumah ya nak.. Jangan males belajar serta murajaah nya yaa
Besok hari senin kita kembali belajar di sekolah ya..
Sampai bertemu di sekolah 🥰🥰🥰🥰
Penutup
Pembelajaran hari ini sudah selesai bu guru tutup dulu yaa.. Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar