Hari/Tanggal : Rabu, 1 maret 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 6 (Lingkungan bersih, asri & sehat) / 3 (Lingkungan sekolahku)
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
Matematika
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda |
PPKN 3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
|
1. mampu menggambar simbol sila ketiga dengan tepat.
2. siswa mampu menyusun kalimat ungkapan perintah dalam sebuah cerita bergambar dengan benar.
3. Melalui praktik mengukur berat siswa mampu membandingkan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.Apersepsi :
Baik anak soleh solehah bu guru.alhamdulillah kemarin kalian sudah kalimat perintah di pembelajaran 5 tentang membuat poster dan mengukur berat dengan alat ukur tidak baku
baik sekarang kita akan memasuki pembelajaran 6 di subtema 3 , kita akan mengerjakansoal tentang mengukur berat benda dengan tidak baku
Baik yuk kita mulai dengan membaca do'a belajar terlebih dahulu ya..
Mari anak soleh solehah kita tonton video dibawah ini
Murid-murid melakukan kerja bakti membersihkan sekolah.
Murid-murid mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang.
Menurut Bu Guru sampah itu dapat disetorkan ke Bank Sampah.
Sebelum disetor, murid-murid ingin tahu berat sampah.
Mereka segera mengukur beratnya dengan timbangan sederhana.
Sebagai alat ukurnya mereka menggunakan bola tenis.
Inilah hasil pengukuran berat sampah.
Berdasarkan berat sampah tersebut, dapat disimpulkan bahwa:
Sampah paling berat yang dibuang siswa adalah sampah jenis.................................
Kerja bakti sudah selesai.
Guru mengajak murid-murid mencari kartu bergambar.
Guru menyembunyikan beberapa kartu bergambar
lambang sila ketiga di halaman sekolah.
Mereka harus menemukan tiga kartu-kartu bergambar tersebut.
Kelompok yang paling cepat menjadi pemenang.
LATIHAN
Dapatkah kamu menemukan kartu-kartu bergambar tersebut? Murid-murid menemukan perintah-perintah dalam mencari kartu bergambar.
Selanjutnya murid-murid harus menuliskan perintah-perintah tersebut.
1....................................................................................
2....................................................................................
3....................................................................................
Evaluasi & Refleksi Pembelajaran
Alhamulillah anak soleh solehah sudah dapat membuat kalimat perintah dari gambar yang ada. dan juga kalian dapat mengukur benda dengan tepat.
besok kita akan melaksnakan penilaian harian sebelum masuk ke materi sub tema 4 ya.. belajar ya dirumah..
Penutup
Akhir kata semiga ilmu hari ini bermanfaat dan barokah, bu guru akhiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar