Hari/Tanggal : Selasa, 07 Februari 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 6 (Lingkungan bersih, asri & sehat) / 1 (Lingkungan rumahku)
Pembelajaran :6 (Penilaian Harian Tema 5 )
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
PPKN
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
SBDP3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
Tujuan Pembelajaran:
- siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
- Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
- siswa mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
Apersepsi :
Baik anak soleh solehah bu guru.alhamdullillah kemarin kalian sudah mempelajari tema 5 tentang pengalamanku.
baik sekarang kita akan memasuki Tema 6 ( Lingkungan ASri, Bersih & sehat) di subtema 1 (Lingkungan rumahku)
Baik yuk kita mulai dengan membaca do'a belajar terlebih dahulu ya..
RINGKASAN MATERI
Rumah adalah tempat kita tinggal.
Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.
Setiap anggota keluarga punya tanggung jawab.
Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus dilakukan.
Kasih sayang di lingkungan rumah harus dipelihara.
Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi kita.
Rumah yang bersih membuat kita terhindar dari penyakit.
Rumah yang sehat membuat kita betah di dalamnya.
Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih, sehat, dan nyaman.
Bekerja Sama Membersihkan Rumah
Ayah dan ibu sedang membersihkan rumah.
Ibu menyapu dan mengepel lantai.
Ayah memotong tanaman dan menyapu halaman.
Dayu ingin ikut membantu ayah dan ibu.
Dayu ingin membersihkan jendela.
Tetapi Dayu belum tahu cara membersihkan jendela.
Lalu ibu memberi petunjuk.
Ibu : Lap kain dibasahi dengan air terlebih dahulu Dayu.
Lalu, gosokkan kain itu ke kaca.
Setelah itu keringkan dengan kertas koran.
Dayu : Baik, Bu.
Kaca pun menjadi bersih dan mengkilat.
Mereka bekerja dengan gembira.
Mereka ingin rumahnya menjadi bersih dan sehat.
Lagu tersebut bisa kita nyanyikan dengan variasi bunyi kuat dan lemah.
Untuk membedakan bunyi kuat dan bunyi lemah bisa didengarkan lewat suara atau tepukan.
Tepukan yang lemah untuk menunjukkan bunyi lemah.
Tepukan yang kuat untuk menunjukkan bunyi kuat.
latihan
Berikan petunjuk untuk “wawancara”
Lakukan wawancara kepada temanmu tentang aturan menjaga kebersihan.
Nah, sekarang tuliskan hasil wawancara pada tabel di bawah ini.
Refleksi & Evaluasi Pembelajaran
alhamdulillah kalian sudah dapat mewawancarai teman kalian terkait aturan-aturan agar kebersihan rumah terjaga. dan juga kalian sudah bisa bernyanyi dengan membedakan bunyi kuat dan bunyi lemah bisa didengarkan lewat suara atau tepukan.
besok kita akan belajar tentang mengetahui alat-alat kebersihan rumah dan juga cara membersihkannya..
Penutup
baik untuk pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar