Hari/Tanggal : Kamis,09 Februari 2023
Kelas : 1 A
Tema / Subtema : 6 (Lingkungan bersih, asri & sehat) / 1 (Lingkungan rumahku)
Pembelajaran : 3 & 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi dasar :
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
PPKN
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Matematika
1.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari- hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
Tujuan Pembelajaran:
Apersepsi :
Baik anak soleh solehah bu guru.alhamdulillah kemarin kalian sudah ciri-ciri kalimat petunjuk
baik sekarang kita akan memasuki pembelajaran 3 tentang menyelesaikan pengurangan 2 bilangan dengan tenknik tanpa meminjam
Baik yuk kita mulai dengan membaca do'a belajar terlebih dahulu ya..
RINGKASAN MATERI
Jika kita malas membersihkan rumah, beginilah jadinya.
Suasana rumah jadi kotor dan tidak nyaman ditempati.
Banyak semut, lalat, dan serangga lainnya.
Pakaian yang kotor dan menumpuk juga akan mengundang nyamuk.
Tahukah kamu kebiasaan yang baik dalam menjaga kebersihan?
Kebiasaan yang baik akan membuat rumah kita bersih dan sehat.
Beri tanda ( √ ) pada gambar kebiasaan yang baik
Beri tanda ( X ) pada gambar kebiasaan yang tidak baik
Ayo kita berlatih membaca dan menyusun kalimat.
Bacalah kartu-kartu kata berikut ini.
Susunlah menjadi ungkapan petunjuk.
Nah, sekarang cobalah membuat kalimat tanggapan dari petunjuk berikut ini.
1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah
Tanggapan: ..(Baik ayah,terima kasih atas petunjuknya)...
Ayoo membaca!
Hari ini ibu Dayu sangat sibuk.
Baru saja selesai acara arisan di rumahnya.
Setelah tamu-tamu pulang ibu sibuk mencuci piring.
Dayu membantu ibu menyusun piring di rak piring.
Dayu menghitung piring yang disusun di rak piring.
Saat sedang asyik menghitung ibu bertanya kepada Dayu.
Ibu : Dayu, tadi ibu menggunakan 35 piring. Tapi sebagian piring milik tetangga. Piring kita hanya 24.
Coba hitung banyak piring yang ibu pinjam.
Dayu : Baik bu, aku akan mencoba menghitungnya.
Dayu : Piring yang digunakan ada 35. Piring ibu ada 24.
Ibu : Coba tentukan berapa piring pinjaman.
Dayu : Dengan mengurangkan 35 dengan 24 bu.
Ibu : Benar sekali Dayu.
Cara menemukan jawabannya seperti di bawah ini.
Banyak piring pinjaman adalah 35-24= 11.
Perhitungan di atas dituliskan dalam kalimat matematika seperti ini.
35 = 3 puluhan + 5 satuan
24 = 2 puluhan + 4 satuan _
1 puluhan + 1 satuan = 11
💗💗LATIHAN SOAL💗💗
1. Susunlah kalimat diabawah ini dengan tepat
a.
b.
c.
d.
e. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet pembersih kaca.
Tanggapan: .......................................................
Evaluasi & Refleksi Pembelajaran
alhamdulillah ananda soleh solehah kelas 1 a hari ini telah belajar menanggapi kalimat petunjuk dan juga menyusun kata-kata yang acar agar menjadi kalimat petunjuk yang tepat, serta kalian juga telah dapat menghitung pengurangan 2 bilangan dengan teknik tanpa meminjam.
besok kita akan belajar pembelajaran 5 ya nak masih tentnag pengurangan yaa. kita akan berlatih lebih banyak soal ceritanya yaa
Penutup
sekian pembelajaran kita hari ini semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar